Thursday, October 26, 2006

Jalan-Jalan Lebaran

Tadi pagi seperti biasa gw membulatkan diri dan ngelingker-lingker nggak jelas di atas kasur. Bawaannya masih aja ngantuk. Padahal tadinya udah niat pengen lari pagi. Biar kurus. Taunya baru bangun jam 6 lewat. Trus buru-buru salat, lalu tidur-tiduran.

Mata baru aja mejem, tiba-tiba adek gw masuk kamar dan bilang: "Tuh, ada Mbah ama rombongannya dateng. Keluar gih." Lah, gw kaget. Rombongan apaan? Sejak kapan Mbah gw bikin orkes keliling?

Pas keluar kamar, Masya Allah, bejibun! Ada total 9 orang keluarga gw dateng. Seneng! Jadi rame rumah gw. Ada Mbah, Om S, Tante Y, Budeh E, Pakde K, beserta MD, A, A, dan L, sodara-sodara gw.

Abis salam-salaman (soalnya ada yg baru ketemu semenjak Lebaran kemaren) gw disuruh mandi. 'Mau ngapain?', gw pikir. "Ntar kita mau jalan-jalan. Ke Ancol."

Buset.

Gw bilang aja kalo Ancol tuh ramenya gila-gilaan. Tetep, Mak gw keukeuh pengen ke Ancol. Yo wis, karepmu lah. Padahal di Kompas pagi tadi, foto depannya aja gambar pantai Ancol yang 80% berisi manusia, bukan aer laut.

Singkatnya, abis mandi kita ber-14 (termasuk pak supir. Oia, keluarga gw ini minjem minibus segala lho. Canggih.) take off ke Ancol. Baru nyampe gerbang tiket mobil aja macetnya udah bermeter-meter. Nggak maju-maju! Parah. Akhirnya kita muter balik dan ganti tujuan: Taman Buah Mekarsari, Cibubur.

Sesampainya di sana, well, gerbang tiket mobilnya sih nggak serame Ancol. Akhirnya kita masuk, trus parkir, turun bus, jalan ber-13 ke areal TBM. Trus, sayup-sayup terdengar lagu Radja yang 'Benci Bilang Cinta' berkumandang. Wah, pasti ada acara panggung rakyat nih. Dijamin rame kalo gini.

Dan bener. Orang udah kayak semut, persis semut, yang ngerubungin gula. Sejauh mata memandang yang ada cuma kepala + rambut pengunjung yang desak-desakan pengen duluan masuk. Oh no. Mana matahari juga lagi jahat-jahatnya. Badan serasa meleleh.

Trus Emak gw nanya mbak-mbak penjaga TBM: "Mbak, kalo mau masuk tuh lewat mana ya?"
Mbak-mbak TBM: "Ibu mau apa? Mau jalan-jalan aja atau mau naek permainan?"
Emak: "Mau jalan-jalan aja"
MMTBM: "Jalan-jalannya mau di danau atau di kebun buahnya?"
E: "Di kebun buahnya aja"
MMTBM: "Oh, lewat sana, Bu. (Sambil nunjuk ke sebelah kanan Emak gw) Trus Ibu mesti naek bus khusus TBM buat masuk ke areal kebun buah"
E: "Oke, Mbak. Makasih"

Trus kita jalan ke tempat pemberhentian shuttle bus TBM. Pas mau beli tiket, ternyata: "Maaf, Bu. Loketnya kami tutup, soalnya udah kebanyakan orang. Takut mbludag"

Nyeh.

Akhirnya kita balik berpanas-panas ria menuju bus. Ganti tujuan lagi: ke Kota Wisata. Mau ngapain? "Nggak tau, pokoknya cari tempat yang sepi dulu"

Akhirnya di Kota Wisata kita cuma makan di satu restoran. Udah kenyang, ya pulang.

Jadi, jauh-jauh muter-muter ke Cibubur cuma buat makan siang. Bagus bener.

Tapi seru, mengingat yang kayak gini kan cuma ada setahun sekali. Jarang-jarang bisa sekeluarga jalan bareng, walaupun gerah dan kaki serasa copot, tetep kerasa enak.

Pulang ke rumah jam 3. Sodara gw yg masih kecil ngomong: "Budeh, besok jalan-jalan lagi ya?"

Yukyakyuk.

Itulah enaknya Lebaran. Jalan-jalan terus. Tapi toh bukan tujuannya yang dilihat, melainkan perjalanannya. Dan dengan siapa kita ngabisin waktu seseruan itu.

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

man, why don't you update more regularly? i don't get to see you, so it's definitely nice to at least read what you do. gah, ki, i'm seriously counting the days till i get to be home again. believe it or not, i dream about all my friends and family EVERY single night. Yes, i am not entitled to dreamless sleep anymore. And it's not that i'm crying over missing all those people in my awake state, i don't, but then it just so happens that they appear in my dream.

damn, i'm cluttering your comment board here, sorry, my bad

11:46 am  

Post a Comment

<< Home