Sunday, December 18, 2005

JiFFest and Proof

Jadi udah pd tau semua kan kalo tgl 9-18 desember ini ada acara namanya JiFFest. Gw bersama Pmo Arya Dissa dan Ayuu ntn Johanna, film musikal dari Hungaria, tgl 16 desember di Instituto Italiano. Sialan! Gw pikir musikal gimanaaa, tau-taunya OPERA!! Mampus! Satu setengah jam kita disuguhi line-line dialog yg dinyanyiin ama pemeran2nya. Agak bosen juga..

Tp itu semua ketolong ama endingnya. Bener2 provokatif. Mind-bending bgt. Bayangin, tindakan Johanna yg memberikan "layanan" khusus buat pasien2 pria di rumah sakit, dibenarkan. Johanna bahkan dipuja-puja sebagai seorang santa. WhatThe?? Apalagi pesen "moral" dr film ini: "Better to be a murderer rather than to be a saint," halah... Udah gitu Johanna akhirnya mati dan "dimakamkan" dengan cara yg nyeleneh: dimasukkin ke karung, trus bersama karung2 isi mayat lainnya dicemplungin ke lobang kuburan gedeee trus diuruk pake tanah. Sebagian lg dibakar di api unggun. Gila!

Kalo The Sea Inside, gw ntn ama Angie AyuBoneng Anita ama Deeta, itu bagus bgt. Sedih. Beberapa titik di film ini bener2 bikin perasaan kita melambung. Sedih, kocak, menyentuh, simpati. Padahal tokoh utamanya, Ramon, pengen bgt dapet izin euthanasia yg notabene merupakan hal yg amat sangat tidak dibenarkan oleh masyarakat. Tp karakternya di film itu membuat kita percaya dan mendukung rencana Ramon untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Seperti kata Ramon, dia pengen "Die with Dignity", ketimbang harus hidup terus-terusan tp nggak bisa ngapa-ngapain dan ngerepotin keluarganya.

Nah, abis ntn The Sea Inside, gw AyuBoneng dan Angie mampir ke megaria dan lanjut ntn Proof. Film ttg hubungan seorang wanita dengan ayahnya dan kakak kandungnya. Jujur, dr awal film gw udah sedikit risih. Soalnya adegan openingnya aja udah ngasih trek yg panjang. Setting yg nggak berubah-berubah biin mata sedikit capek. Maklum, Proof kan diangkat dr stage play, sama halnya dengan film Closer. Cuma bedanya kalo Closer lebih fluktuatif, lebih mainin emosi. Proof kayaknya kurang ngena. Apalagi dialog2nya yg cenderung datar dan joke-joke yg dilemparkan nggak begitu kocak. Apa mungkin karena hampir semua tokoh yg ditampilkan di film ini adalah sosok kutubuku, nerd, geek?? Jadi becandaan mereka juga seputar angka prima terbesar, rumus ini rumus itu, hukum ini hukum itu. Ditambah dengan dialog2 yg mengandung BANYAK SEKALI repetisi (kalo rajin, coba hitung berapa kali kata "proof" diucapkan di film ini). Tp gw dpt pelajaran dr film ini: "Kalikan suatu angka prima dengan 2, lalu tambah dengan 1, maka akan didapat lagi sebuah angka prima." Wah, akhirnya gw coba...

2 = (2 x 2) + 1 = 5 (terbukti)
5 = (5 x 2) + 1 = 11 (terbukti)
11 = (11 x 2) + 1 = 23 (terbukti)

Gw udah mikir, Wah nih film edukatif juga ya... Tp itu tak berlangsung lama...

13 = (13 x 2) + 1 = 27 (tidak terbukti)
17 = (17 x 2) + 1 = 35 (tidak terbukti)
7 = (7 x 2) + 1 = 15 (tidak terbukti)

Lho...??

Makin kecewa karena ternyata fakta-fakta yg diungkapkan di film ini BELUM TENTU benar. Masih butuh PROOF, harus dibuktikan terlebih dulu.

Masalah akting, menurut gw Anthony Hopkins bagus tp karakternya di film ini nggak seberapa. Nggak mampu memberikan ruang cukup bwat dia untuk nunjukkin akting cemerlangnya. Gwyneth Paltrow, well menurut gw biasa aja. Tp karakternya emang hidup. Dengerin aja logat/cara ngomong karakternya di film ini. Unik. Tp bikin males. But it was a part of her role. Hope Davis, mungkin dia yg paling gw suka. Berhasil bgt jd sosok kakak yg nyebelin, suka ngatur, judgemental, dan compulsive. Tp di sisi lain dia bener2 sayang ama adeknya. Jake Gyllenhaal, biasa aja. Nggak bagus tp juga nggak jelek. Average.

Karakter Davis ama Gyllenhaal seharusnya bisa digali lebih dalam lg. Karena yg berkutat dgn konflik film ini ya 3 orang itu. Tp yg muncul sebagai frontman-nya cuma si Paltrow doang.

Ending, menyentuh dan "seperti" ada pesan yg pengen disampaikan. Ingat, SEPERTI. Gw pribadi nggak menangkap pesan yg disampaikan dengan jelas. Buram. Samar-samar. Seperti sebuah cerita bersambung yg nggak ada sekuelnya. Sedikit menggantung. Anti-klimaks. Padahal durasinya baru 90 menit.

Overall, ntn Proof tuh kayak ntn pertandingan bulutangkis dgn track2 panjang dan hasil akhir yg kurang memuaskan. Ibarat grafik, Proof itu grafiknya orang super sekarat, luruuuussss trus tiba-tiba ada lonjakan sedikit, trus datar lagi... trus sedikit melonjak lg. Hanya SEDIKIT lonjakan. Nggak surprising.

Rating : 6 / 10

2 Comments:

Blogger nastysaint said...

eki.. ngga kok ini mustinya bukan comment.. tapi.. masa'.. ada yg nama blognya menyerempet "cina-jenong"..

"JEPANGTEMBEM.pitas.com"

1:20 pm  
Anonymous Anonymous said...

WUAHAHAHA!!!
kocak bgt si!! jepangtembem ama cinajenong..
HYAKAKAKAK!!!

8:26 pm  

Post a Comment

<< Home